Cara Memformat Hp Nokia Symbian (6600, 3230, 7610, Dll)

Posted: August 16, 2010 in Handphone

Keluhan Hp ini biasanya adalah terletak pada cara pengoperasiannya yang sedikit lemot, tapi program yang terdapat ddalamya sedikit mirip dengan komputer dan bisa di install program-program…….jadi bisa kena virus Hpnya walaupun ada antivirusnya. Lain halnya jika anda memakai Hp berformat Java….yang tidak bisa kena virus diHpnya, cuman MMcnya yang bisa ketularan virus.
Cara yang saya berikan ini tergolong pertolongan awal (safety first) bagi Hp anda yang terkena virus atau error saat menggoperasikannya.

  • Biasanya untuk mengatasi hank atau berhenti beroperasi adalah dengan cara lepaskan batterei secara langsung dan kemudian pasang, lalu nyalakan.
  • Kalau masih sama, cobalah masuk kepengaturan –> kembali ke pengaturan pabrik (pengaturan awal, master reset). anda akan diminta untuk memasukkan pin, jika anda belum pernah merubah pin (standart) atau sandi Hp, anda bisa menggunakan kode ini untuk Hp nokia adalah : 12345 , dan untuk Hp yang lain biasanya mengunakan : 00000 atau 88888 (kalo 4 angka, ya dikurangi satu dari belakang).

Apabila ini masih tidak bisa memulihkan Hp anda, Saya mash punya cara lain lagi yang mungkin sedikit unik namun ajaib. Ialah menggunakan tiga(3) jari…. Dan biasanya ini banyak digunakan oleh kalangan service sebagai alat software awal sebelum menggunakan komputer untuk mendefrag atau mengembalikan formatt awal Hp anda.
Saya terangkan bagaimana cara pengobatan Hp secara tiga(3) jari :

  1. Langkah awal, cobalah tekan dan tahan ” bintang(*) , tiga(3) , menu ” dan kemudian baru tekan swicth power(on/off) Hp anda untuk menyalakan. Tapi ingat, jangan lepaskan dulu sebelum menyala dan keluar tulisan “formatted” dilayar Hp anda. Jika belum keluar tulisannya, cobalah untuk mengulang beberapa kali karena mungkin angka atau simbol yang anda tekan dan tahan tidak tepat sasaran. Alias kepencet sama tombol yang lainnya karena jari anda sebesar pisang ambon. hehehehehe…….
  2. Atau bisa saja mengganti tombol “menu” dengan “yes/ok(gambar telepon)” baru tekan swicth power…
  3. Setelah keluar tulisan “formatted”. Baru lepaskan semua tombol yang anda pencet tadi dan tunggu sampai prosesnya selesei, sambil minum kopi dan menghisap rokok inter (maaf : ini bukan promosi/iklan, karena ini kebisaan saya sehari-hari).
  4. Jika formatted dikatakan selesei dan berhasil / sukses, dilayar Hp anda akan ada tulisan “insert sim card”. itu berarti anda diharapkan untuk mematikan Hp anda.
  5. Yang terakhir, masukkan kartu SIM dan MMC lalu nyalakan kembali. Tapi ingat formatt dulu MMCnya lewat PC ataupun juga bisa scan virus aja melaui PC sebelum dimasukkan. Ini dilakukan agar Hp anda tidak lagi jadi tempat nongkrong dari teman virus yang tentu masih bersembunyi diMMC.

Metode ini biasanya ampuh, dan Hp anda akan kembali normal seperti dulu. Tapi sebelum melakukan langkah-langkah yang saya berikan tadi. Pindahkan data ataupun file penting dari Hp anda ke PC, karena mungkin cara penanganan ini bersifat mendefault data (membersihkan file yang bukan formatt asli dari Hp).

Jika Hp anda masih belum sembuh juga.Langkah terakhir adalah membawa Hp anda ketempat service, dan tidak perlu membawa dossbook Hp (kardus, buku panduan) kecuali anda tidak punya ongkos untuk membayar biaya service…????. Biasanya untuk ongkos service kurang lebih Rp.50.000 kalau didaerah saya.

Sebelum terjadinya problem demikian. Untuk perawatan Hp symbian adalah terletak pada bagaimana cara pemilik ponsel tersebut mengoperasikannya :

  1. Biasakan selalu menutup progam terdahulu (exit), sebelum anda ingin menjalankan program lain. Kecuali anda ingin buang air, ini tidak perlu dilakukan karena ga ada hubungannya sama sekali dengan Hp anda, karena setelah itu anda dapat melanjutkan mengoperasikannya.
  2. Dan jangan dibiasakan menutup program dengan cara menekan tombol “gambar(tutup telp)” ataupun yang lainnya. Karena ini akan menyebabkan program anda menumpuk dan terjadi hank pada perangkat selluler anda.
  3. Untuk melihat apakah ada program yang tadi belum sempat ditutup, adalah dengan menekan dan tahan sekitar 3detik tombol “menu” yang biasanya berlogo windows mini.
  4. Cek di “file manager, fexplore” ataupum program lain yang sejenis, kemudian masuk –> sistem–> cari folder bertulisan “boot data”. Ini biasanya virus normal dari Hp yang memang selalu ada walaupun Hp anda tidak terjangkit virus, bila anda tidak menghendaki silakan hapus saja foldernya.
  5. Jangan pernah membawa Hp sewaktu didalam kamar mandi. Kenapa saya bilang demikian, karena Hp anda bisa saja jatuh ke bak mandi ataupun selokan. hehehehehe……..
Comments
  1. zaenal says:

    masih blum bsa jga ……… 😦

    • Admin says:

      maaf kang, ne hanya sifatnya software awal aj….. tapi sebaiknya coba lepas dulu kartu maupun mmc nya, baru lakukan petunjuk saya…..dan sebelum pasang lagi mmc nya, lebih baik di format dulu dari komputernya ok!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s